Jumat, 05 Juni 2015

PERANAN PEKERJAAN KANTOR BAGI PIMPINAN

secara garis besar, pelayanan kantor mempunyai 3 (tiga) peranan pokok :
  1. melayani pelaksanaan pekerjaan operasional guna membantu pelaksanaan pekerjaan induk untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
  2. menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.
  3. membantu melancarkan kehidupan dan perlengkapan organisasi sebagai suatu keseluruhan.\
berbagai macam keterangan disediakan sesuai dengan kebutuhan.  keterangan termaksud memudahkan tercapainya tujuan yang diinginkan penyelesaian pekerjaan operasional yang bersangkutan secara lebih baik.
hasil-hasil pencatatan keterangan yang dibutuhkan oleh seorang pimpinan dalam rangka :
  • perencanaan
  • pengorganisasian
  • penggerakan
  • pengawasan
  • fungsi manajemen lainnya
pekerjaann kantor mempunyai peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan karena  fungsinya sebagai pusat ingatan, pusat kegiatan, dan sumber dokumen.
dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, perlu adanya pencatatan yang cermat dan pengurusan/pengelolaan dokumen secara tertib, guna penilaian atau penyusunan program perkembangan organisasi lebih lanjut.
seorang pemimpin memerlukan informasi yang bersifat umum, yang memberikan kepadanya kesempatan untuk mengetahui secara keseluruhanm apakah yang terjadi dalam organisasinya. ia tidak hanya memakai informasi itu untuk perencanaan,pengorganisasian, atau pengawwasan, tetapi juga memakainya dalam kebijaksanaan mengambil keputusan dan menggariskan cara kerja seerta mengetahui apa yang terjadi.
berdasarkan uraian diatas , jelaslah bahwa pekerjaan kantor meliputi pembuatan/pencatatan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar