Rabu, 27 Mei 2015



Membuat Gambar Bunga Tiga Dimensi dengan Menggunakan Blender
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/1.jpg?w=604
Kali ini saya akan membuat gambar bunga dengan batang dan pot secara tiga dimensi dengan menggunakan program Blender. Apa itu Blender? Blender merupakan salah satu software Open Source yang berguna untuk membuat grafik 3D. Blender bisa digunakan untuk berbagai macam sistem operasi.
Sekarang buka aplikasi Blender dan akan muncul tampilan awal sebagai berikut.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/2.jpg?w=604
Kemudian klik tab Add – Mesh – Cylinder untuk membuat suatu bangun ruang silinder.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/3.jpg?w=604
Setelah itu, saya mengganti pengaturan pada object silinder yang tadinya Object Mode menjadi Edit Mode sehingga memunculkan seleksi pada seluruh object silinder bewarna orange.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/4.jpg?w=329&h=169
Kita bisa mengatur jarak pandang dan perspektif menggunakan scroll pada mouse, yaitu dengan mengklik & drag atau dengan men-scrolling atas bawah. Kemudian setelah itu tekan “A” pada keyboard maka akan menghilangkan tanda seleksi pada Silinder tadi (garis-garis orange pada vertex hilang). Lalu atur supaya perspektif silindernya berasal dari atas. Tekan “B” pada keyboard, klik & drag pada bagian atas silinder lalu klik kiri. Setelah bagian atas silinder tersebut terseleksi, klik pada tanda panah warna biru yang mengarah ke atas lalu drag ke arah bawah sehingga akan menghasilkan silinder dengan ukuran yang lebih pendek.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/5.jpg?w=604
Selanjutnya kita akan membuat kelopak bunganya. Tekan tombol “A” dan kembalikan ke mode “Object Mode”. Duplikasi silinder tadi dengan cara mengklik pada bagian Duplicate Object lalu geser ke arah kiri seperti pada gambar di bawah. Lalu atur ukuran object (membesarkan atau mengecilkan) dengan menekan “S” lalu geser, klik sesuai ukuran yang diinginkan.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/6.jpg?w=604
Cara yang sama kita gunakan untuk membentuk kelopak-kelopak bunga lainnya. Atur posisinya dengan mengklik kanan object yang ingin diatur lalu tempatkan pada posisi yang diinginkan.  Sekarang saya akan memberikan warna pada object-object yang tadi dibuat, dengan menggunakan material yang berada pada bagian paling kanan. Klik Add New Material Atur pewarnaan RGB tiap material seperti yang diinginkan dibagian Diffuse.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/7.jpg?w=604
Kemudian saya akan membuat batangnya. Tambahkan lagi object silinder kemudian Rotate silider tersebut sehingga menghadap dari vertical ke horizontal dengan mengklik “Rotate” pada Mesh Tools atau bisa juga dengan menekan tombol R pada keyboard.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/8.jpg?w=604
Kemudian untuk mengatur ukuran silinder tadi, kita ubah dulu dari “Object Mode” ke “Edit Mode”. Seleksi silinder, kemudian atur ketebalan, panjang dan lebar silinder tadi sesuai yang diinginkan. Begitu juga pada potnya saya menggunakan object Silinder. Saya rotate silinder tersebut, lalu saya atur ukuran serta bentuknya. Untuk memberikan efek cekung ke dalam, saya menekan “E” pada keyboard kemudian drag ke bagian dalam. Lalu saya atur pewarnaannya sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar di bawah.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/9.jpg?w=604
Lalu saya akan menjoin berbagai object tadi supaya dapat di Rotate sekaligus. Caranya klik pada object pertama lalu tekan dan tahan Shift pada keyboard lalu klik kanan pada object lainnya. Maka seluruh object akan bergabung menjadi satu. Setelah itu, klik Rotate pada menu sebelah kiri. Lalu atur letak object tadi seperti pada gambar.
https://arifholic.files.wordpress.com/2011/12/10.jpg?w=604

Tidak ada komentar:

Posting Komentar