Membuat Gambar Bunga Tiga Dimensi dengan
Menggunakan Blender
Kali ini saya akan membuat gambar
bunga dengan batang dan pot secara tiga dimensi dengan menggunakan program
Blender. Apa itu Blender? Blender merupakan salah satu software Open Source
yang berguna untuk membuat grafik 3D. Blender bisa digunakan untuk berbagai
macam sistem operasi.
Sekarang buka aplikasi Blender dan
akan muncul tampilan awal sebagai berikut.
Kemudian klik tab Add – Mesh –
Cylinder untuk membuat suatu bangun ruang silinder.
Setelah itu, saya mengganti
pengaturan pada object silinder yang tadinya Object Mode menjadi Edit Mode
sehingga memunculkan seleksi pada seluruh object silinder bewarna orange.
Kita bisa mengatur jarak pandang dan
perspektif menggunakan scroll pada mouse, yaitu dengan mengklik & drag atau
dengan men-scrolling atas bawah. Kemudian setelah itu tekan “A” pada keyboard
maka akan menghilangkan tanda seleksi pada Silinder tadi (garis-garis orange
pada vertex hilang). Lalu atur supaya perspektif silindernya berasal dari atas.
Tekan “B” pada keyboard, klik & drag pada bagian atas silinder lalu klik
kiri. Setelah bagian atas silinder tersebut terseleksi, klik pada tanda panah
warna biru yang mengarah ke atas lalu drag ke arah bawah sehingga akan
menghasilkan silinder dengan ukuran yang lebih pendek.
Selanjutnya kita akan membuat
kelopak bunganya. Tekan tombol “A” dan kembalikan ke mode “Object Mode”.
Duplikasi silinder tadi dengan cara mengklik pada bagian Duplicate Object
lalu geser ke arah kiri seperti pada gambar di bawah. Lalu atur ukuran object
(membesarkan atau mengecilkan) dengan menekan “S” lalu geser, klik sesuai
ukuran yang diinginkan.
Cara yang sama kita gunakan untuk
membentuk kelopak-kelopak bunga lainnya. Atur posisinya dengan mengklik kanan
object yang ingin diatur lalu tempatkan pada posisi yang diinginkan. Sekarang
saya akan memberikan warna pada object-object yang tadi dibuat, dengan
menggunakan material yang berada pada bagian paling kanan. Klik Add New
Material Atur pewarnaan RGB tiap material seperti yang diinginkan dibagian Diffuse.
Kemudian saya akan membuat
batangnya. Tambahkan lagi object silinder kemudian Rotate silider tersebut
sehingga menghadap dari vertical ke horizontal dengan mengklik “Rotate” pada Mesh
Tools atau bisa juga dengan menekan tombol R pada keyboard.
Kemudian untuk mengatur ukuran
silinder tadi, kita ubah dulu dari “Object Mode” ke “Edit Mode”. Seleksi
silinder, kemudian atur ketebalan, panjang dan lebar silinder tadi sesuai yang
diinginkan. Begitu juga pada potnya saya menggunakan object Silinder. Saya
rotate silinder tersebut, lalu saya atur ukuran serta bentuknya. Untuk
memberikan efek cekung ke dalam, saya menekan “E” pada keyboard kemudian drag
ke bagian dalam. Lalu saya atur pewarnaannya sehingga hasil akhirnya seperti
pada gambar di bawah.
Lalu saya akan menjoin berbagai object
tadi supaya dapat di Rotate sekaligus. Caranya klik pada object pertama lalu
tekan dan tahan Shift pada keyboard lalu klik kanan pada object lainnya. Maka
seluruh object akan bergabung menjadi satu. Setelah itu, klik Rotate pada menu
sebelah kiri. Lalu atur letak object tadi seperti pada gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar